Nun Alex: Mengenal Negara Indonesia Secara Utuh adalah Bentuk Nasionalisme

Pajarakan – Yayasan Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo, Rabu 17/08 menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke 71 Tahun. Ribuan santri tumplek di lapangan P5 Pesantren Zainul Hasan Genggong, begitujuga Asatid-asatidzah, termasuk segenap Pengurus Pesantren Zainul Hasan Genggong. Sementara, yang bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Al Mukarrom KH. KH. Moh. Hasan Naufal, S.Hi.

Acara kemerdekaan dengan upacara ini, merupakan bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada para Pejuang yang telah mendahului kita. KH. Hassan Ahsan Malik mengatakan adanya makna kemerdekaan, “Merdeka berarti bebas, tidak terikat, tanpa jajahan, tanpa penghambaan. Kemerdekaan artinya kita telah berdiri sendiri, membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan. Kemerdekaan NKRI merupakan hak kita sebagai sebuah bangsa yang besar yang telah kita pilih, bebas dari segala bentuk tekanan apapun. Kemerdekaan itu kita tancapkan 71 tahun yang lalu.” Ujarnya saat ditemui di kantor MA. Zainul Hasan Genggong.

Lanjut masih bersama Nun Alex sapaan akrabnya, tentang apa yang harus kita lakukan saat ini selaku yang menikmati kemerdekaan, “Mengabdi dan menjaga itulah yang harus kita lakukan untuk negara ini. Sebagai bentuk cinta kita pada negara. Sebagai seorang Guru, kita harus abdikan kemampuan yang kita miliki untuk membangun bangsa melalui pendidikan. Target dasar kita adalah, mencetak generasi bangsa untuk masa depan negara ini. Menjaga kebudayaan yang berasaskan Islam, untuk menumbuhkan Tunas- tunas mulia demi berkembangnya NKRI.” Jelasnya ketua LDNU Kota Kraksaan.

KH. Ahsan Maliki, S.Sy menambahkan bahwa rasa Nasionalisme itu wajib kita miliki, “Bagi saya, sangat penting. Mengenal negara Indonesia secara utuh adalah bentuk Nasionalisme. Bukankah ada ulama pernah bersabda bahwa “Cinta Tanah Air sebagian dari Iman”. Bagaimana kita dapat menumbuhkan Cinta Tanah Air bila tanpa mengenalnya secara utuh? Banyak cara untuk menguatkan Nasionalisme kita. Diantaranya adalah, semangat kebangsaan, mengenal lebih jauh potensi yang ada di negara ini, mempertahankan dan mengabadikan intergritas, kemakmuran dan kekuatan bangsa ini.” Tegasnya Nun Alex selaku Kepala Madrasah Aliyah Zainul Hasan Genggong . (*hen)

 

DSC_0059
Hormat : KH. Moh. Hasan Naufal, S.Hi inspektur upacara  memberi hormat

Tinggalkan Balasan