MOSBA 2018: Kukuhkan Komitmen Santri

Genggong: Harapan agar hari ini menjadi hari terakhir yang baik, diwujudkan oleh para peserta dan panitia MOSBA dengan melaksanakan kegiatan pagi yang telah dibiasakan sejak hari pertama. Setelah apel pagi berakhir, para peserta MOSBA mempersiapkan diri untuk bersama-sama berziarah ke maqbaroh para pendiri dan pengasuh pesantren. Tepat pukul 10:00 Wib, 21 kelompok dengan warna-warni hijab yang dikenakan berangkat beriringan menuju maqbaroh muassis Genggong yang berada di 3 tempat berbeda, yakni di desa karangbong, karangbong barat dan di area pesantren. Suara lantang pembacaan tahlil mengiringi kekhusyuan dari para peserta. Dengan teratur dan rapi mereka menata diri di sekitar maqbaroh, mereka datang dengan 1 tujuan yang sama, yakni untuk mencari ridho Allah, syafaat Rosulullah dan barokah para pendiri Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Selain berharap menjadi hari terakhir yang baik, para peserta dan panitia mosba berharap hari ini menjadi hari yang mengesankan di benak mereka, segala bentuk kegiatan yang mengadu kekompakan dan kekreatifan pun menjadi agenda kegiatan hari ini. Sebelum beradu kekreatifan lewat gelar talenta yang diadakan oleh panitia, senam bersama menjadi alternatif pengisi waktu kosong sembari para peserta mempersiapkan keberaniannya untuk tampil pada gelar talenta. Kegiatan tersebut menjadi bentuk bukti bahwa kekompakan yang terjalin bukan hanya ada pada para peserta, namun juga ada pada panitia PPDB dan OSIS.

Sorak gembira dan tepuk tangan dari para peserta turut meramaikan lantai 3 gedung at-tachriliyah. Kegiatan gelar talenta ini diisi dengan penampilan yang beragam, mulai dari musikalisasi puisi, menyanyi, bernari, dan bermain peran. Masing-masing kelompok memberi dorongan semangat untuk peserta yang tampil.

Pelaksanaan MOSBA ini berakhir pada hari Kamis, 19 Juli 2018. Kegiatan yang telah berlangsung selama 4 hari ini, memberikan kesan tersendiri bagi peserta MOSBA khususnya, “Alhamdulilah, menjadi bagian dari MA Zainul Hasan 1 Genggong menjadi kebanggaan yang luar biasa bagi saya, selain itu selama mengikuti MOSBA saya dapat banyak mengetahui wawasan wawasan yang masih belum saya ketahui sebelumnya” tutur Alya Agitha Ramadhani, salah satu peserta yang berhasil kami wawancarai. Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah terhadap para pemenang lomba dan  bakti sosial kepada yayasan panti asuhan Zainur Rahmah. Selain itu para peserta MOSBA pada penghujung acara, mengikrarkan ikrar santri sebagai bentuk kesanggupan mereka untuk menjalankan segala komitmen madrasah maupun pesantren.

Hela nafas mereka pun mulai nampak, rupanya dengan segala bekal yang telah mereka terima selama MOSBA, menjadi kesiapan tersendiri bagi mereka untuk memulai hari harinya di MA Zainul Hasan. Mumtaz MA Zaha!. Osis/dra.

Tinggalkan Balasan