MATSAMA Hari Ketiga, Kepala Madrasah Membaiat Janji Kedisiplinan

Kamis, 20 Juli 2017 Hari Ketiga MATSAMA (Masa Ta’aruf Santri Madrasah) MA Zainul Hasan 1 Genggong 2017.
Pada Hari ketiga MATSAMA diawali dengan check in peserta kepada pendamping masing-masing. Peserta mengikuti kegiatan pada hari ketiga ini dengan penuh keceriaan dan penuh semangat meskipun ada peserta yang dihukum oleh kakak osis karena melanggar peraturan mereka menyikapinya dengan ikhlas. Setelah check in peserta, kakak Osis mengarahkan peserta MATSAMA untuk mengambil wudhu dan menunaikan Sholat Dhuha berjamaah di aula madrasah yang diimami oleh kakak osis. eserta menunaikan sholat dhuha dengan penuh kekhusyu’an.

Tanamkan Sosial Kemasyarakatan
Kegiatan selanjutnya di hari ketiga adalah kegiatan BAKSOS (Bakti Sosial), belajar menderma sembako yang sudah dikumpulkan oleh peserta pada hari pertama MATSAMA kepada masyarakat sekitar pesantren yang kurang mampu dengan latar belakang ekonomi yang berbeda beda. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih jiwa sosial peserta untuk saling memberi kepada orang yang kurang mampu. Kegiatan di awali dengan apel pengarahan oleh Ustadz Zarkasyi kepada peserta. Beliau menyampaikan agar peserta menjaga sikap ketika perjalanan menuju ke lokasi BAKSOS dan tetap berjalan sesuai dengan urutan kelompoknya serta wajib kembali tepat waktu. Sebelum berangkat peserta menyanyikan lagu kebanggan MARS MA ZAHA bersama-sama dan masing – masing kelompok menyanyikan yel-yelnya didepan barisan. Masing-masing kelompok bersama pendamping berangkat jam 08.00 menuju 14 titik lokasi BAKSOS yang sudah ditentukan oleh panitia. Kegiatan BAKSOS berakhir pukul 10.00 Wib.
Kegiatan setelah BAKSOS adalah pemberian materi Wawasan Kebangsaan (WASBANG) yang di sampaikan oleh Bpk.Hendarto Iriono Kapten Arm Danramil kota Probolinggo. Tujuan dari materi ini adalah untuk menambah wawasan peserta tentang NKRI serta mengajak peserta untuk mencintai Indonesia.Beliau menjelaskan bahwa Wawasan Kebangsaan adalah pancaran falsafah ideologi suatu bangsa secara utuh menyeluruh serta menjiwai perumusan kebijakan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. Beliau menuturkan bahwa pemuda sekarang wawasan kebangsaannya mulai luntur, hal ini ditandai dengan banyaknya pemuda Indonesia yang tidak hafal Pancasila.Beliau juga menampilkan beberapa video tentang kondisi pemuda bangsa saat ini yang sangat jauh dari moral berbangsa dan bernegara ,seperti mengonsumsi Narkoba ,bolos sekolah,dan lain sebagainya.Indonesia merupakan negara yang besar dengan jumlah pulau mencapai 17.504 pulau dan terdiri 1.128 suku bangsa sehingga dibutuhkan pemuda untuk bersatu menjaga keutuhan NKRI dan menghargai perbedaan . Meteri WASBANG selesai pukul 11.00
Kegiatan setelah materi adalah selingan dengan game dan bernyanyi bersama sambil menunggu waktu sholat dluhur berjamaah yang diimam oleh Ust.Zarkasyi kemudian peserta makan siang bersama sambil istirahat. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan acara lomba yel-yel oleh masing-masing kelompok. Lomba yel-yel terasa sangat meriah meskipun sebagian besar peserta mengaku kurang persiapan tapi setiap kelompok dapat menampilkan penampilan yang memuaskan. Peserta MATSAMA juga ditantang oleh kakak-kakak osis untuk menampilkan bakat mereka masing-masing seperti bernyanyi, beatbox, dan lain sebagainya. Karena nantinya di akhir acara akan di umumkan peserta teraktif dan terkreatif untuk mendapatkan hadiah.
Dan Kegiatan selanjutnya setelah lomba yel – yel adalah apel Pengukuhan peserta didik baru dan sekaligus penutupan MATSAMA MA ZAHA 1 GENGGONG 2017 . Acara ini diawali dengan pembacaan Qiroatul Qur’an yang dibacakan oleh Irfan Adiansyah kemudian dilanjutkan kesan pesan oleh osis yang diwakili oleh Calvin Ahmad dan selanjutnya kesan pesan dari peserta yang diwakili oleh Malik Chandra .Kemudian sambutan oleh Ust.Bambang selaku Koordinator MATSAMA . dan selanjutnya Sambutan dari Kepala Madrasah MA ZAHA 1 GENGGONG ,beliau KH.Ahsan Maliki S.Sy. sekaligus pengukuhan peserta yang ditandai dengan pembacaan BAIAT yang dipandu langsung oleh kepala Madrasah diikuti oleh semua peserta MATSAMA dan pelepasan pin peserta secara simbolis yang diwakili oleh masing-masing perwakilan jurusan. Dan acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Ust Ali Munir.

Kemudian kegiatan terakhir MATSAMA adalah pembagian hadiah kepada peserta dan kelompok terbaik dengan kategori Siswa teraktif yang diraih oleh M.Ghaifi Fihibillah, siswa terkreatif yang diraih oleh Malik Chandra, siswa terrapi yang diraih oleh Alfin Thomas, Kelompok yel-yel terbaik yang diraih oleh kelompok 3 Ki Hajar Dewantara, dan kelompok terbaik diraih oleh kelompok 6 KH.Hasyim Asy’ari. Setelah pembagian kelompok ada yang berbeda pada MATSAMA kali ini yaitu adanya MYSTERY BOX yaitu hadiah kejutan yang khusus dibuat untuk peserta yang sedang berulang tahun tepat pada hari ini tanggal 20 juli 2017 yaitu Ahmad Zamroni. Kemudian acara dilanjutkan dengan berfoto dan berselfie bersama peserta dengan panitia serta ditutup dengan acara bersalaman antara peserta dan panitia.

Tinggalkan Balasan