Santri MA ZAHA 1 Genggong Rebutan Cium Hajar Aswad

Gending: Halaman Wisata Religi Miniatur Ka’bah Pantai Bentar yang ada di desa Curah Sawo Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. dipenuhi dengan ratusan santri Pesantren Zainul Hasan Genggong. Pasalnya, tempat wisata religi itu ditempati acara pelatihan manasik Haji oleh ratusan santri Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Essip: Nun Alex saat menjadi pemateri

Pelatihan Manasik Haji yang diikuti oleh segenap Santri kelas XII pada 3 progam (IPS-IPA-IAI) lembaga MA. Zainul Hasan 1 Genggong, yang mana kegiatan itu merupakan dari salah satu program osis putri masa khidmat 2017-2018 MA. Zainul Hasan 1 Genggong.

Mantab: Nun Alex saat mempraktekkan sebelum melakukan sa’i

Menurut Shinta ketua osis, kegiatan ini merupakan upaya pengurus osis masa khidmat 2017-2018, untuk memberikan pembelajaran dini kepada santri Madrasah Aliyah agar kelak bisa mengaplikasikannya ketika punya kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji di Makkah. “ Semoga kami bisa ditakdirkan oleh Allah menunaikan ibadah haji sesungguhnya.” Ujar santri yang berasal dari jember.

Shinta menambahkan, bahwa sebelum mereka melakukan praktek di miniatur ka’bah, para santri diberi materi tentang ibadah haji dan umroh oleh Almukarrom Nun Hassan Ahsan Malik atau Nun Alek.” Tadi peserta diberi materi selama 2 jam lebih, agar dalam melaksanakan praktek semua santri lebih mudah dalam melaksanakannya.” Pungkasnya.

Paham: Nun Alex saat menjelaskan tentang melakukan balang jumroh

Praktik manasik haji diikuti oleh sekitar 150 santriwati itu dipimpin oleh Nun Alex, membuat salah satu santri terharu dan hampir menangis, pasalnya santri ini, ingin rasanya melihat dan menyentuh ka’bah dan mencium hajar aswad aslinya. “ Kami tadi berebut untuk menyentuh hajar aswad (tiruan), namun dalam perasaan ingin menyentuh hajar aswad yang asli di mekkah, hingga air mata ini ingin jatuh.” Ucap sofi sambil menarik nafas. Kamis 2/11/2017 sore.

Seandainya: Para santri saat melakukan thowaf

Bukan hanya sofi, mereka yang berebutan untuk menyentuh hajar aswad itu memiliki niatan sama, yaitu ingin benar-benar menyentuh dan mencium hajar aswad yang ada di mekkah. (dra)

Tinggalkan Balasan