Awal KBM Tahun pelajaran 2016-2017, Tolabul Halal Bi Toriqil halal

Pajarakan:  Madrasah Aliyah Zainul Hasan 1 Genggong, kemarin sabtu 30/7 mengadakan kegiatan Halal Bi Halal sebagai bentuk dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun pelajaran 2016-2017. Hadir dalam acara tersebut KH. Ahsan Maliki, S.Sy selaku Kepala Madrasah dan segenap pembantu kepala Madrasah serta segenap para asatidz-asatidzah.  Acara tersebut juga dihadiri oleh segenap santri MA. Zainul Hasan 1 Genggong yang berjejer rapi di halaman masjid Pesantren Zainul Hasan Genggong bagi santri putri, sedangkan bagi santri putra berbaris secara rapi di halaman gedung Madrasah putra, yaitu tepatnya di P5.

Dalam kesempatan tersebut, kepala madrasah menjelaskan pentingnya acara halal bi halal. “ Halal bi halal berarti Tolabul Halal Bi Toriqil Halal, kita mencari halalnya teman, guru kita dan saudara kita dengan cara yang halal, yaitu untuk saling bermaaf-maafan”. Ujarnya KH. Ahsan Maliki, S.Sy.

Lanjut nun alex dalam sambutanya“ Bila tidak ada maaf dari guru, dikhawatirkan hal itu akan menjadi penghalang, sehingga sulit untuk mencapai cita-cita” terangnya dengan nada yang khidmat kepada segenap para santri.

Kegiatan Halal Bi Halal ini, akan dijadikan menjadi kegiatan rutinitas setiap bulan syawal dalam mengawali KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di MA. Zainul Hasan 1 Genggong. Dengan cara tersebut, semua civitas madrasah dan para santri akan menata niat yang baik dan tulus dalam mengabdi di Pesantren Zainul Hasan  Genggong. Tentunya, khusus bagi santri, momen ini harus dijadikan modal untuk  meminta maaf atas segala kesalahanya kepada asatidz –asatidzah saat proses belajar kemarin-kemarinya.

Diakhir sambutan kepala madrasah, beliau menegaskan tentang adanya wajibnya memulyakan dan menghormati guru, hingga beliau mengutip kalam mutiara Prof. DR. Sayyid Muhammad bin Alawi Almaliki Al Hasani, “ Beliau sangat tidak suka kepada orang yang langka terhadap gurunya, walaupun gurunya itu temanya sendiri”. Tegasnya putra KH. Moh. Hasan Saiful Islam ini. (Al/hen)

Tinggalkan Balasan