Santri MA ZAHA Mengadakan Kegiatan Di PPLH Seloliman Trawas Mojokerto

GENGGONG– Salah satu persyaratan kelulusan dari santri kelas XII Program IPA-IPS harus mengikuti rangkaian kegiatan wajib yaitu Program Studi Lanjut (PSL), program ini sudah rutin dilaksanakan setiap akhir tahun di madrasah yang dipimpin oleh Nun Hassan Ahsan Malik setelah mengikuti rangkaian Ujian Akhir Madrasah (UAM).

Pada tahun pelajaran ini (2017-2018-Red) tetap seperti tahun kemaren yang bertempat di Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Seloliman Trawas Mojokerto dengan mengambil tema “PENGENALAN LINGKUNGAN BERBASIS PRODUK”. Kegiatan ini diikuti seluruh santri yang pelaksanaannya berbeda antara putera dan puteri yaitu mulai tanggal 15-17 April 2018 untuk putera dan tanggal 20-22 April 2018  untuk puteri.

Sekitar 212 santri yang terbagi dalam 2 gelombang sangat antusias mengikuti program ini, dimulai dari pembekalan sampai proses pembuatan produk. Seluruh santri harus mengikuti rundown kegiatan yang sangat padat sekali. Dihari pertama mereka di ajak observasi atau pengenalan lingkungan, apa itu  Visi Misi PPLH serta  diajarkan bagaimana seluruh siswa untuk  menghasilkan produk, untuk program IPA materinya pertanian organik prakteknya membuat MOL ( Mikro Organisme Lokal )  dan Pupuk Cair Organik yang bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dll ,sedangkan program IPS materinya pengolahan sampah anorganik  yang bisa menghasilkan sebuah karya yang bernilai ekonomi yaitu pembuatan souvenir. Di hari kedua mereka harus mengikuti kegiatan Outbond  serta jelajah malam.

Dan dihari ketiga mereka harus mengikuti kegiatan Jelajah Alam Seloliman ( jelajah hutan + sumber air dan Susur sungai ) dan terakhir makan siang di pinggir sungai dengan menu sehat yang di bungkus daun pisang.

Pihak PPLH Seloliman  bersama kru yang sudah handal sangat profesional sekali dalam membina siswa MA Zainul Hasan 1 Genggong. Sehingga pelaksanaanya sangat memuaskan. Diharapkan kegiatan ini dapat menggugah siswa MA ZaHa 1 Genggong untuk cinta dan peduli terhadap  lingkungan serta dapat membekali siswa untuk membuat produk yang bermanfaat demi masa depan dan  lingkungan disekitarnya

MA ZAHA 1 Genggong sudah menjalin kerjasama dengan pihak Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup ( PPLH ) Seloliman  Trawas  Mojokerto selama 5 ( lima ) tahun dan manfaatnya sangat yang sangat besar dalam memberikan bekal keilmuan dalam bidang lingkungan hidup. (admin)

Tinggalkan Balasan